03Dec

Pipa HDPE PDAM PN 16 2023 – HDPE adalah singkatan dari High Density Polyethylene yang merupakan bahan plastik dengan ciri fleksibel serta tahan benturan. Bahan ini umum digunakan untuk pembuatan pipa.

Ciri dari pipa ini ialah berwarna hitam dan empat strip biru di sepanjang badan pipanya. Pipa seperti ini dapat dijumpai pada jaringan induk air bersih sebagai distribusi rumah tinggal maupun bangunan atau pada PDAM.

Pipa HDPE PDAM PN 16 2023 – Bahan dari pipa terbuat dari thermoplastic dimana material ini dapat mengalami pengurangan kekuatan jika ada peningkatan temperature. Tekanan yang dapat diterimanya maksimal adalah 20°C.

Bila pipa mendapatkan tekanan diatas 20 derajat celcius maka akan mengalami pengurangan tekanan kerja maksimum. Sistem pipa juga tidak boleh mendapatkan penekanan diatas suhu 60°C.

Pipa HDPE PDAM PN 16 2023 – Metode penyambungan pipa HDPE ialah memakai metode butt fusion. Sistem ini didukung mesin sambung khusus sehingga diameter dan ketebalan pipa memiliki perhitungan yang mendetail dan sesuai kebutuhan.

Kelebihan Pipa HDPE

Ada beberapa kelebihan dari HDPE diantaranya ialah tahan akan korosi atau karatan. Berbeda dengan pipa besi yang memiliki  karakter kuat namun rentan akan korosi.

HDPE walaupun dialiri air secara terus menerus tidak akan mengubah struktur pipanya. Pipa tetap akan bersih dan tidak mudah terkontaminasi. Selain itu pipa juga memiliki resiko kecil akan kebocoran.

HDPE tidak mudah hancur walau mendapatkan banyak tekanan. Bobotnya ringan serta tingkat kelenturan tinggi. Tahan akan berbagai medan sehingga memungkinkan untuk dipasang di tempat yang sulit.

Kelebihan utama lainnya adalah memiliki standar foodgrade  dari WHO. Pengakuan ini menjamin kebersihan pipa HDPE layak untuk kebutuhan makanan karena tidak mengandung racun.

HDPE juga diklasifikasikan berdasarkan kebutuhan tekanan diantaranya adalah :

  1. HDPE PN-6.3
     Ukuran pipa ini sekitar 3-24 inci yang mana sangat tipis dan dalam bentuk roll.  HDPE PN-6.3 sering dipakai untuk kebutuhan perkebunan maupun pertambangan.

  2. HDPE PE-100 PN-8
     Ukurannya berkisar 2.5-24 inci dan bisa menampung tekanan 8 kg/cm2 atau 8 bar. Biasanya difungsikan sebagai saluran air bertekanan rendah.

  3. HDPE PN-10
     Diameter HDPE PN-10 sekitar 1.5-24 inci. Pipa digunakan untuk menampung tekanan sebesar 10 kg/cm. Pipa digunakan untuk
    penyambungan pipa lainnya atau semua jenis instalasi air. Bentuknya sendiri ada yang batang maupun roll.

  4. PE-100 PN-12.5
     Pipa mampu menampung tekanan lebih dari 10 kg/cm2  . Pipa sering digunakan pada area perkotaan atau kawasan yang kontur tanahnya sulit. Tingkat kekuatan PE-100 PN-12.5 adalah 12.5 kg/cm atau setara dengan 12 bar.

  5. HDPE PN-16
     Terakhir ada HDPE PN-16 yang memiliki tekanan terbesar yaitu  16 kg/cm atau setara dengan 16 bar. Pipa jenis ini digunakan pada saluran air dingin maupun panas yang cenderung memiliki tekanan tinggi. Diameter yang tersedia sekitar 0.2-24 inci.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This field is required.

This field is required.

error: Content is protected !!