Pipa PVC AW/D Langgeng

Home » Pipa PVC » Pipa PVC AW/D Langgeng

Pipa PVC AW/D Langgeng

Posted on

Pipa PVC AW/D adalah pipa standar JIS yang diproduksi sebagai pipa ekonomis untuk kebutuhan rumah tangga ataupun komersil. Pipa PVC AW/D didesain untuk mengalirkan air bersih ataupun air buangan.

Produk Pipa PVC AW/D dibuat dari bahan Polivinil Klorida. Pipa ini terbagi menjadi 2 kelas, AW dan D. Perbedaan kedua jenis pipa ini terletak pada ketebalan dan kelas tekanannya. Pipa PVC AW digunakan untuk mengalirkan air dengan tekanan 10 Kg/cm2 dan pipa PVC D digunakan untuk mengalirkan air dengan tekanan 5 Kg/cm2.

1.Pipa PVC AW

Pipa pertama yang akan kita bahas yaitu AW merupakan pipa yang paling tebal di kelasanya dibandingkan dengan pipa paralon berstandar JIS yang lain. Karena ketebalannya, pipa ini mampu menahan tekanan hingga 10 Kg/cm2 sehingga biasanya digunakan untuk pipa saluran air yang berasal dari pompa air. Ukuran diameter pipa ini bermacam-macam mulai dari 1/2 inchi hingga 10 inchi bahkan lebih.

2. Pipa PVC D

Pipa kedua mempunyai ketebalan yang lebih tipis dibandingkan dengan AW. Pipa ini hanya mampu menahan tekanan air hingga 5 Kg/cm2 sehingga jika kita paksakan pipa ini menjadi pipa pendistribusian air, pipa ini bisa jadi malah patah. Pipa D cocok untuk dijadikan pipa saluran pembuangan air yang tekanannya tidak terlalu besar. Ukuran pipa ini cenderung lebih besar yakni mulai 1 1/4 inchi hingga lebih dari 10 inchi.

Tips Memilih Pipa PVC AW/D

  1. Penampilan pipa yang mengkilat, warna permukaan pipa yang halus merata baik dibagian luar maupun dalam.
  2. Pastikan permukaan yang licin baik dibagian luar maupun dalam pipa.
  3. Pipa PVC yang baik memiliki elastisitas yang tinggi, sehingga bila mendapatkan tekanan dari luar tidak mudah pecah, dan untuk pipa diameter kecil (ukuran 1/2″ inch dan 3/4″ inch) tidak akan pecah atau patah bila kedua ujungnya dipertemukan.
  4. Bila pipa PVC dipotong menggunakan gergaji, maka serpihan/ampas gergaji akan berupa serat/berserat (tidak berupa butiran halus), ini menunjukan pipa tidak memiliki kada kapur yang tinggi, karena pipa PVC dengan kadar kapur yang tinggi akan berkualitas yang rendah dan mudah pecah.
  5. Pipa PVC yang berkualitas baik memiliki standar yang jelas, dan memiliki dimensi atau ukuran yang sesuai dengan standar yang bersangkutan, sehingga akan dapat dengan mudah disambung dengan fitting/sambungan merek apapun yang berstandar sama.
  6. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dalam penggunaan pipa PVC, sertakan dengan menggunakan fitting/sambungan yang berkualitas tinggi, serta menggunakan solvent cement (liquid terbaik untuk menyambung antar pipa PVC, maupun dengan fitting/sambungan PVC, karena bersifat homogen).
error: Content is protected !!